Cara Mengubah Word Ke Pdf Secara Online Tanpa Aplikasi

cara mengubah word ke pdf

Cara mengubah word ke pdf - Dunia digital serta teknologi yang semakin berkembang cukup memudahkan manusia dalam melakukan berbagai aktifitas. Bahkan teknologi kini mampu menjadi solusi atas beberapa permasalahan yang timbul. Seperti halnya dalam mengubah file berbentuk doc menjadi pdf. File-file ini bisa diubah dengan cara otomotis, tidak perlu menggunakan aplikasi, hanya saja perlu koneksi internet.

Untuk itu, saya akan membagikan cara untuk mengubah word ke pdf secara online, yang bisa kamu praktekan dengan mengikuti langkah-langkan ini. Namun sebelum itu, mari kita ketahui sama-sama apa itu .doc dan apa itu pdf.

Pengertian doc (document/word)

DOC atau doc dalam teknologi komputasi merupakan format ekstensi berkas milik software pengolah kata Microsoft Word. Format ini akan secara otomatis tersimpan ketika kita menyimpan file (hasil ketikan) dengan menggunakan microsoft word.

Pengertian pdf

PDF atau Portable Document Format merupakan istilah pada format file milik  Adobe Systems. PDF sendiri dibuat untuk mempermudah dalam pertukaran dokumen secara digital atau online. Biasanya file yang kita download dari internet sering berformat PDF.

Mengapa harus mengubah word ke pdf?

Tentunya setiap orang memiliki alasan tersendiri mengapa ia mau mengubah file miliknya yang berformat doc menjadi pdf. Namun alasan umumnya yaitu mereka ingin agar file nya tidak bisa di edit. Sebab jika dengan format doc, file tersebut masih bisa di edit dengan sesuka hati, berbeda halnya dengan format pdf. Jenis format ini tidak memungkinkan untuk bisa diedit. Maka dari itulah, file-file dari internet seperti jurnal, contoh skripsi, e-book semua menggunakan format pdf, agar orang lain tidak bisa mengubah isi dari file-file tersebut.

Daftar website yang bisa mengubah word ke pdf secara online

  • Smallpdf.com
  • Ilovepdf.com
  • pdfcandy.com
  • sodapdf.com
  • freepdfconvert.com
  • adobe.com

Cara mengubah word ke pdf di hp tanpa aplikasi

Dari deretan daftar website yang bisa mengubah word ke pdf diatas, saya merekomendasikan untuk kamu menggunakan smallpdf.com. Dan berikut ini adalah cara mengubah word ke pdf di hp secara online dengan menggunakan smallpdf.

1. Ketikan di search google "convert pdf word".

2. Kemudian akan muncul beberapa pilihan. Nah, kamu bisa memilih dari website smallpdf.com word ke pdf, seperti gambar dibawah ini.

Cara Mengubah Word Ke Pdf Online

3. Setelah kamu klik, akan muncul seperti gambar berikut.

cara mengubah word ke pdf tanpa aplikasi

4. Selanjutnya klik pilih file dan kamu akan dialihkan menuju tempat penyimpanan di hp maupun laptop. Pilih file doc yang akan kamu convert ke pdf.

5. Tunggu file untuk di upload dan dikonversi secara otomatis. Setelah selesai akan dialihkan secara otomatis ke pdf preview, lalu klik tombol unduh.

6. Selesai, file pdf siap digunakan.

Cara mengubah word ke pdf di laptop

Cara ini cukup mudah, kamu hanya mengandalkan microsoft word di laptop atau komputer mu masing-masing.

1. Buka file word yang akan kamu ubah menjadi format pdf.

2. Klik file di pojok kiri atas, lalu klik save as.

3. Kemudian pilih tempat folder untuk menyimpan file pdf baru.

4. Selanjutnya pada bagian "save as type" kamu pilih PDF (*.pdf). Jika kamu ingin mengubah nama file nya kamu bisa ubah di bagian "file name".

5. Lalu klik save.

Catatan : setelah klik save, kamu akan dikembalikan ke halaman dokumen word. Namun file pdf tetap sudah tersimpan. Untuk melihatnya kamu bisa cek ke tempat folder penyimpanan file pdf tadi.

Kesimpulan

Ternyata cukup  mudah bukan untuk mengganti format word/doc ke pdf. Bisa lewat hp secara online atau lewat laptop/komputer secara offline. Untuk itu, semoga artikel ini dapat membantu teman-teman yang mungkin saja sedang kebingungan dalam hal mengubah file word ke pdf. Cukup ikuti langkah-langkah diatas ya. Semoga berhasil.

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url