Biar Kaya, Berikut Tips Menabung Seperti Orang Jepang

menabung ala orang jepang

Tahun sudah sering berganti, tapi masih saja kesulitan buat menabung? Padahal menabung itu penting untuk pengeluaran yang tak terduga, atau bisa buat simpanan atau juga buat modal bisnis. Sedangkan itu melihat teman-teman yang lain sudah mulai merangkak sukses dengan kemapanan masing-masing.

Lah kamu sendiri kok masih berurusan sama keborosan yang tidak selesai-selesai.

Maka dari itu penting untuk belajar menabung dari sekarang, supaya dapat mengelola keuangan dengan baik dan bijak. Oleh karena itulah mungkin kamu yang merasa kesulitan untuk menabung bisa menerapkan beberapa tips menabung yang cukup efektif ala orang Jepang.

Tidak hanya akan menjadikan kamu sebagai pribadi yang lebih hemat dan bijak dalam mengatur keuangan, metode menabung ala orang Jepang ini juga akan menjadikan kamu bisa lebih cepat kaya. Nah, supaya tidak semakin penasaran mengenai metode menabung ala orang Jepang, maka berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

Bagaimana Tips Menabung Seperti Orang Jepang?

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu mungkin pernah atau bahkan sering mendengar mengenai tips menabung ala orang Jepang yang banyak diterapkan oleh sebagian besar kalangan masyarakat Indonesia. Ya, metode menabung satu ini umumnya dikenal dengan istilah kakeibo. Yang mana, istilah ini diartikan sebagai suatu metode pencatatan pendapatan, pengeluaran dan pengalokasian dana dalam mengelola keuangan rumah tangga.   

Sebelum populer seperti sekarang ini, metode menabung ala Jepang bernama kakeibo ini, awalnya diperkenalkan oleh seorang jurnalis bernama Hani Motoko sejak tahun 1904. Dan siapa sangka, bahwa metode menabung yang diterapkan Hani diklaim dapat menjadikan seseorang bisa menghemat keuangan hingga sebesar 35%. Oleh karena itulah, jika kamu sendiri mungkin tertarik untuk mencoba menabung menggunakan metode kakeibo, maka bisa menerapkan langkah-langkah berikut ini.

1. Menabung dengan Memanfaatkan Penggunaan Notebook dan Pena Sederhana

Dikarenakan arti kakeibo merupakan buku rekening rumah tangga, maka tidak heran jika orang-orang Jepang biasanya akan menabung dengan mencatat keuangan mereka di notebook  / buku catatan khusus dan pena sederhana. Menerapkan metode menabung kakeibo ala orang Jepang ini, ternyata memiliki sejumlah manfaat dan keuntungan bagi seseorang. Yaitu dapat membantu meningkatkan daya ingat seseorang, serta dapat membantu orang tersebut lebih teliti dan bijak dalam mengelola keuangan dalam pembelian barang. 

2. Kakeibo Lebih Fokus Pada Perencanaan Pengeluaran Dibandingkan Uang yang Disimpan

Jika dibandingkan dengan menghitung berapa uang yang disimpan, cara menabung kakeibo ini lebih fokus pada proses perencanaan pengeluaran keuangan yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Adapun perencanaan pengeluaran yang dilakukan juga dikategorikan dalam beberapa jenis, seperti kebutuhan, keinginan, pengeluaran aktivitas kultural dan pengeluaran tidak terduga. Dengan menerapkan metode pencatatan pengeluaran kakeibo, maka kamu bisa melihat mana kira-kira pengeluaran yang diperlukan dan sebaiknya tidak dilakukan.

3. Menentukan Besarnya Anggaran Pengeluaran Keuangan Setiap Mingguan

Apabila perencanaan pengeluaran sudah dilakukan dengan baik, maka kamu bisa melanjutkan menabung ala orang Jepang dengan menentukan besarnya anggaran pengeluaran keuangan setiap mingguan. Caranya, kamu cukup menentukan anggaran bulanan dan membaginya dengan jumlah minggu dalam 1 bulan, sehingga didapati hasil anggaran maksimal yang bisa dibelanjakan dalam waktu satu minggu. Setelah itu, kamu perlu mencatat pengeluaran keuangan yang dilakukan untuk tahu alokasi uang yang dibelanjakan dan cara apa yang bisa digunakan untuk menghemat pengeluaran tersebut. 

4. Mengecek Tabungan dan Pengeluaran Keuangan Secara Berkala

Disini kamu bisa mengecek kembali tabungan dan pengeluaran keuangan yang sudah dilakukan setiap akhir bulan, agar tahu apakah target tabungan sudah tercapai dan tahu tips meningkatkan keuangan di bulan depan. Kamu penting untuk mencatat besarnya uang yang dianggarkan, dari mulai berapa uang yang sudah dibelanjakan dan uang yang berhasil ditabung. Dengan adanya catatan ini, maka kamu akan memperoleh referensi dalam memudahkan menyusun anggaran dan rencana keuangan di bulan depan.


Kakeibo mungkin terlihat sulit bagi kamu yang belum terbiasa. Namun bagi kamu yang ingin menjadi pribadi yang lebih baik dengan cara bijak mengelola keuangan, maka wajib untuk mencoba cara di atas. Jangan sampai kamu terus hidup boros hingga tua. Selagi masih bisa mendapatkan uang, maka lebih baik juga bisa menyimpan uang dengan baik.

Next Post Previous Post
2 Comments
  • langgi
    langgi 2 Agustus 2023 pukul 15.49

    makasih kak artikelnya membantu saya untuk tidak makan indomie di akhir bulan dan ttp bisa beli bahan keinginan :D

    • Rita
      Rita 4 Agustus 2023 pukul 17.00

      Haha syiap... jangan makan indomie terus, nggak sehat :D

Add Comment
comment url